Dinas Pertanian Kabupaten Bojonegoro
  • Padi
  • Jagung
  • Tembakau
  • Salak Wedi
  • Belimbing Ngringinrejo

Disperta Fasilitasi Penyusunan Programa Penyuluhan Pertanian 2013 di 27 Kecamatan

October 18, 2012rizaBerita0
Penyusunan Programa di Kecamatan Sekar

Penyusunan Programa di Kecamatan Sekar

Dalam Undang-undan Nomor 16 Tahun 2006 tentang SP3K telah mengamanatkan bahwa penyelenggaraan penyuluhan menjadi tanggung jawab pemerintah Pusat dan pemerintah daerah, yang diwujudkan dengan menyelenggarakan penataan kelembagaan, ketenagaan, penyelenggaraan, sarana prasarana dan pembiayaan.

Disamping itu berdasarkan Peraturan Menteri Pertanian Nomor 25/Permentan/OT.140/5/2009, dinyatakan bahwa Programa Penyuluhan Pertanian merupakan Rencana tertulis  yang disusun secara sistematis untuk memberikan arah dan pedoman dalam penyelenggaraan kegiatan penyuluhan, dan sebagai alat   pengendali dalam mencapai tujuan penyuluhan, maka programa penyuluhan pertanian perlu disusun setiap tahun dengan memuat Rencana Kegiatan tahun yang akan datang, dengan memperhatikan siklus anggaran.

Permasalahan yang dihadapi berkaitan dengan Programa Penyuluhan Pertanian diantaranya proses penyusunan Programa Penyuluhan Pertanian kurang partisipatif dimana semua unsur Pelaku Utama dan Pelaku Usaha belum  ikut terlibat.

Di Kabupaten Bojonegoro pada bulan September 2012 ini telah dilaksanakan Kegiatan Penyusunan Programa Penyuluhan Tingkat Kecamatan sebanyak 27 kali pertemuan di 27 Kecamatan se Kabupaten Bojonegoro. Dengan unsur-unsur dihadirkan meliputi Ketua Kelompoktani/Gapoktan, Kelompok Wanita Tani,  Pelaku Utama , Pelaku Usaha, Pengelola olahan Hasil pertanian.

Kegiatan ini  sudah terjadwal mulai tanggal 5 September sampai dengan 26 September 2012. Hadir dalam kegiatan ini  semua Kelompoktani/Gapoktan, Kelompok Wanita tani, Kios Saprodi dan Pelaku usaha bidang pertanian serta Petugas OPT dan Penyuluh Pertanian.

Untuk proses penyusunannya yaitu masing-masing peserta yang hadir diajak berpartisipasi menggali potensi sumber daya alam, data keadaan/fakta yang tercapai saat ini (produksi,produktivitas dll), keinginan dari masyarakat yang ingin dicapai serta hal-hal yang menyebabkan tidak tercapainya keinginan/hambatan/permasalahannya ditingkat Kecamatan masing-masing.

Dengan selesainya musyawarah ditingkat kecamatan se Kabupaten Bojonegoro, maka selanjutnya tugas Kepala BPP beserta Penyuluh Pertanian untuk segera menindaklanjuti dengan menyusun Laporan secara tertulis sesuai petunjuk yang yang ada, dimana laporan tersebut dibuat sebanyak 4 exemplar yang masing-masing dikirim ke Dinas Pertanian Kabupaten Bojonegoro sebanyak 2 exemplar, Camat 1 exemplar dan BPP Kecamatan 1 exemplar, paling lambat Laporan harus diserahkan pada tanggal 5 Oktober 2012. Selanjutnya diagendakan pada bulan Oktober 2012 dengan dukungan dana APBD II bisa terlaksana kegiatan Penyusunan Programa Penyuluhan Pertanian 2013 di Tingkat Kabupaten Bojonegoro.

 

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Informasi Harga
Pengumuman
Jejak Pendapat

Bagaimana pendapat anda tentang pelayanan Dinas Pertanian kepada masyarakat?

View Results

Loading ... Loading ...